Visi misi SMK Negeri 1 Tonjong dijelaskan melalui perumusan profil lulusan, standar kompetensi lulusan, visi dan misi sekolah, tujuan satuan pendidikan, dan karakter pendidikan di SMK Negeri 1 Tonjong.
1 Beriman, bertakwa, dan berbudi pekerti luhur;
2 Memiliki sikap mental yang kuat untuk mengembangkan dirinya secara berkelanjutan;
3 Menguasai ilmu pengetahuan teknologi dan seni serta memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan pembangunan;
4 Memiliki kemampuan produktif sesuai dengan bidang keahliannya baik untuk bekerja atau berwirausaha; dan
5 Berkontribusi dalam pengembangan industri Indonesia yang kompetitif menghadapi pasar global.
Standar kompetensi lulusan dikembangkan dengan area kompetensi sebagai berikut.
A.1 Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
A.2 Kebangsaan dan Cinta Tanah Air
A.3 Karakter Pribadi dan Sosial
A.4 Kesehatan Jasmani dan Rohani
A.5 Literasi
A.6 Kreativitas
A.7 Estetika
A.8 Kemampuan Teknis
A.9 Kewirausahaan
Visi SMK Negeri 1 Tonjong
"Penghasil Tamatan yang Bertakwa, Bermanfaat, dan Bermartabat"
Misi SMK Negeri 1 Tonjong
1 Menyiapkan tamatan yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
2 Menyiapkan tamatan yang berahlaq mulia
3 Menyiapkan tamatan yang peduli Lingkungan
4 Mendidik siswa menjadi tenaga terampil tingkat menengah sesuai dengan bidang keahliannya
5 Menyiapkan wirausahawan yang mandiri dan berdaya saing
6 Menyiapkan Tamatan yang berjiwa Indonesia
7 Menjadikan SMK sebagai lembaga percontohan bagi SMK sekitar.
8 Menjadikan SMK yang memberi manfaat pada masyarakat sekitar sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan
1 Menghasilkan tamatan yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
2 Menghasilkan tamatan yang menjunjung tinggi norma-norma kesusilaan.
3 Menghasilkan tamatan yang peduli kepada Lingkungan
4 Menghasilkan tamatan yang berkharakter bangsa Indonesia dan berbudi pekerti luhur.
5 Menghasilkan tamatan yang siap menjadi tenaga profesional tingkat menengah, siap berkompetisi.
6 Menghasilkan tamatan yang berjiwa wirausaha mandiri.
7 Menjadi SMK yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan dan menjadi rujukan
1 Peningkatan Iman Takwa dan Akhlak Mulia
2 Kebutuhan Kompetensi Masa Depan
3 Peningkatan Potensi, Kecerdasan, dan Minat Sesuai dengan Tingkat Perkembangan dan Kemampuan Peserta didik
4 Keragaman Potensi dan Karakteristik Daerah dan Lingkungan
5 Tuntutan Pembangunan Daerah dan Nasional
6 Tuntutan Dunia Kerja
7 Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni
8 Agama
9 Dinamika Perkembangan Global
10 Persatuan Nasional dan Nilai-nilai Kebangsaan
11 Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Setempat
12 Kesetaraan Gender
13 Karakteristik Satuan Pendidikan